Klaus Voormann



Klaus Voormann (1938), commercial artist, graphic designer, dan illustrator asal jerman ini sudah menjadi salah satu artist yang masih bisa bertahan di dunia moderen. anak dari seorang dokter dan salah satu dari enam bersaudara ini mempunyai darah seni yang mengalir deras.
Voormann yang yang terbiasa mendengarkan musik jazz seperti Nat King Col tergila-gila pada rock n roll setelah melihat pertunjukkan The Beatles. demi menyelidiki musik rock n roll, Voormann mendekati The Beatles selama yang ia mampu. Voormann diundang oleh George Harrison untuk tinggal bersama George dan Ringo di flat, Green Street sebelum menemukan apertemennya sendiri. ia kembali ke Hamburg dan memebentuk beat band.
sekembalinya ke London, John Lennon menawarkan Voormann untuk membuat album cover untuk album baru The Beatles, Revolver. tawaran itu disanggupinya. gaya "Scrapbook College" di dalam pikirannya dituangakan dalam album cover Revolver, The Beatles. manager The Beatles, Brian Estepain menyukai design album cover itu dan segera memakainya. meskipun ia hanya dibayar £40, hasil karyanya itu menerima Grammy Awards. pada waktu yang hampir sama, Voormann juga mendesign album cover debut Bee Gees yag sangat kental kesan psychedelicnya dan berwarna.
selain pekerjaanya sebagai commercial artist, Voorman juga bermain musik, tepatnya sebagai seorang bassist. beberapa artist dan band sudah pernah memakainya sebagai bassist, seperti Lou Reed, James Taylor, Carly Simon, James Nillson, Manfred Mann, dan Plastic Ono Band. Voormann juga bermain bersama George Harrison di Concert For Bangladesh pada tahu 1972. kembali ia bermain di Concert For George, sebuah tribute concert untuk George Harrison di tahun 2002. ia juga bermain di beberapa album ex-The Beatles, seperti Imagine-nya John Lennon dan album Ringo-nya Ringo Star.
Voormann, Harrison, dan Jesse Ed Davis di Concert For Bangladesh (1971)


setelah keluar dari bisnis musik, ia konsentrasi kepada keluargannya dan tinggal di Munich. Voormann juga konsetrasi kepada perkerjaannya sebagai commercial artist. sampai sekarang, ia sudah membuat beberapa album cover untuk berbagai band dan musisi seperti Jimi Hendrix, Trio, Turbonegro dan lain-lain. ia juga menjual karya-karyanya secara online di SINI.

0 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP