Music Guide: Dark Side Of The Moon-Pink Floyd

Album Dark Side Of The Moon merupakan konsep album dari Pink Floyd sendiri awalnya. mereka mencoba untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang Instrumental Excursion yang merupakan ciri khas Pink Floyd pada masa Syd Barret. album ini sendiri mencoba untuk mengexplorasi sisi buruk dan unsur ketakutan manusia seperti konflik, keserakahan, kebencian, penuaan, dan mental illness. sisi mental illness sendiri merupakan inspirasi dari Pink Floyd dari Syd Barret yang keluar karena gangguan mental akibat terlalu banyak mengkonsumsi Acid. Dari unsur lagu, karakteriteriknnya dipenuhi dengan permainan Blues dan nada-nada prog-rock yang tinggi, bisa dibilang lagu-lagu Pink Floyd pada album ini memang patut masuk dalam salah satu album sukses sepanjang sejarah rock. setelah saya mendengarkan berkali-kali, ada empat lagu yang menarik di album ini....



"Time" dibuka dengan potongan lagu "Breath", kemudian dilanjutkan dnegan permainan gitar dari David Gilmour yang dalam kondisi epik dan solo-solo yang panjang.

"Great Gig In The Sky" two thumbs up buat vokal Clare Torry! lagu yang memperdengarkan orang yang sedang sekarat ini memang cocok untuk Clare Torry. "there's no lyrics. it's about dying." kata Roger Waters tentang lagu ini.

"Money" bisa dibilang sebagai kunci album ini. lagu ini sendiri memang menyindir kaum konglomerat inggris yang serakah. permainan gitar David Gilmour diuji di tengah-tengah lagu ini (di awal ia bisa santai) dan ia membuktikanya. permainannya di lagu ini susah untuk diikuti. not-not tinggi yang jarang (dan susah) dicapai untuk gitar lainnya.

"Brain Damage" lagu ini mendaat inspirasi dari keadaan mental Syd Barret sendiri yang rusak. kata-kata "andi if the band you're in start playing diffrent tunes" mengacu kepada kebiasaan Syd Barret yang memainkan satu kord saja sambil melihat kelangit-langit di saat konser akibat pengaruh acid. overfall album ini memang layak dibeli. tidak rugi untuk menghabiskan 170.000 rupiah untuk membeli album yang satu ini.

0 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP