Blek Le Rat




MORE AFTER THE JUMP

Blek Le Rat. seorang stencil artist dan street artist dari Perancis. bisa dibilang bahwa ia adalah Godfather Of Stencil Art, bahkan seorang Banksy menganggapnya sebagai idola. Xavier Prou adalah nama aslinya. darah seni memang mengalir deras dalam dirinya. penggunaan nama Blek Le Rat merupakan sebuah komik yang disukai Prou sejak kecil, yaitu Blek The Rock. ia mengganti kata Rock dengan Rat yang merupakan ciri khasnya.
menurut Prou, street art maupun graffiti adalah medium terbaik bagi seorang seniman untuk menampilkan karya-karyanya pada masyarakat. tanpa disadari, karya-karya Blek Le Rat sangat dikagumi. namanya menjadi panutan dalam dunia graffiti dan guerilla art movement. ia pernah tertangkap di Buenos Aires, Argentina ketika sedang mencorat-coret dinding. "Jujur saja" katanya, "polisi di sana tidak bisa menghargai street-art".
meskipun namanya sering disebut-sebut sebagai pionir dalam Stencil art, ia sangat mengagumi peninggalan kebudayaan masyarakat di masa lampau. sebut saja inspirasi dan idolanya adalah Salvador Dali, Swoon, Shepard, Samanta Gilewicz. ia sangat suka dengan pemandangan akan street art di berbagai negara, bagai hasrat yang tak kunjung padam.
siapa sangka pemberontak jalanan dan seniman moderen sepertinya bisa sangat menyukai dengan bagunan-bangunan kuno. ia sangat menyukai istana istana, bangunan yunani kuno seperti Praxitele dan Polyclete bahkan candi Borobudur. pada tahun 1978, ia menghabiskan sebulan penuh di jogja hanya untuk menikmati pesona mistis candi Borobudur setiap hari. patung-patung di Borobudur adalah patung terindah yang pernah dilihatnya.
ia pernah merilis buku berjudul "Blek Le Rat: Getting Through Walls". sekarang, ia sedang merencanakan sebuah pameran di Phaiz Gallery, Chicago. kunjungi dia di SINI.

0 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP